Home » Peran Digitalisasi UMKM dan Strategi untuk Mencapainya

Peran Digitalisasi UMKM dan Strategi untuk Mencapainya

YUEMKAEM- Digitalisasi memiliki peran penting untuk memperkuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya di wilayah Jawa Timur, Dengan memberikan akses dan keuntungan yang signifikan. Salah satu peran utama digitalisasi adalah meningkatkan akses pasar bagi UMKM. Dengan menyediakan platform e-commerce dan website, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas, hingga internasional. 

Selain itu, digitalisasi juga memungkinkan UMKM untuk meningkatkan efisiensi operasional para pelaku UMKM. Dengan mengadopsi sistem manajemen penjualan dan pembaruan pada usahanya, Para pelaku UMKM dapat mengelola usahanya dengan lebih efisien serta mengurangi biaya yang tidak penting dan membantu untuk meningkatkan akurasi dalam analisis data.

Digitalisasi juga membantu untuk memperkuat hubungan UMKM dengan pelanggan. Dengan memanfaatkan teknologi seperti chatbot untuk pelayanan pelanggan yang lebih responsif, serta email marketing untuk mengirimkan promosi yang sudah disesuaikan, 

Selain itu, digitalisasi juga menyediakan peluang bagi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan analisis data yang mendalam. Dengan memanfaatkan data penjualan dan perilaku pelanggan, UMKM dapat mengidentifikasi tren pasar, memahami preferensi pelanggan, dan mengambil keputusan yang lebih tepat waktu dan terinformasi. 

Seperti yang diikutip dari mediaindonesia.com, Lala Nilam sebagai Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, mengatakan bahwa”UMKM merupakan pilar penting dan roda penggerak ekonomi Indonesia. Di era yang serba digital ini, masih banyak pelaku UMKM yang perlu didorong untuk mengintegrasikan usaha mereka ke ranah digital guna mendapatkan manfaat penuh dari ekonomi digital. Sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM, kami secara aktif terus menjangkau pelaku UMKM di berbagai daerah di Indonesia untuk berdiskusi dan berbagi cara dalam mengoptimalkan pertumbuhan bisnis. Kami harap fitur Transfer ShopeePay dan berbagai inisiatif lainnya yang kami hadirkan bisa turut berperan pada perkembangan bisnis UMKM yang kami jangkau, khususnya di Jawa Timur”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *