Home » UMKM HEBAT ID: Platform Digital Pengembangan Bisnis di Indonesia

UMKM HEBAT ID: Platform Digital Pengembangan Bisnis di Indonesia

YUEMKAEM- Halo sobat Kaemstar. Seperti pengenalannya, bahwa YUEMKAEM merupakan salah satu platform media online yang membahas tentang digitalisasi pada UMKM secara menyeluruh dengan meliput beberapa UMKM yang ada di Jawa Timur. Munculnya platform ini karena terbilang jarang adanya platform yang membahas hal yang sama, namun bukan berarti tidak ada. Salah satu website platform media online yang perlu kalian ketahui lainnya adalah UMKM Hebat ID.

Melalui tagline ‘Platform Digital Pengembangan Bisnis di Indonesia’ menjadikan UMKM Hebat ID ini memberikan informasi dan pelayanan terkait pengembangan bisnis di Indonesia secara menyeluruh. Selain itu juga bertujuan untuk mendukung dan memajukan UMKM Indonesia agar dapat bersaing di Industri 4.0.

Oh iya sobat Kaemstar, UMKM Hebat ID ini menjadi sebuah wadah pemberdaya UMKM terbesar di Indonesia loh, mereka mendayagunakan jaringan alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) karena berada di bawah naungan Yayasan Kagama Bhakti Nusantara (YKBN) yang didirikan pada 19 Desember 2020. Sehingga pada platform mereka tidak begitu menjelaskan atau menginformasikan sebuah berita secara berkala dan teratur, bahkan di websitenya tidak ada tertera satupun informasi berupa berita harian. Hanya berisikan beberapa informasi seperti program, gebrakan, dan pusat informasi untuk menghubungi mereka.

Dengan programnya yang beragam seperti E-learning UMKM Hebat yang merupakan pelatihan online bagi organisasi ataupun perusahaan yang ingin meningkatkan pengetahuan dalam menghadapi perkembangan teknologi. Mulai dari tutorial digital marketing, perencanaan bisnis, pemasaran, hingga strategi keuangan dibahas tuntas dengan bimbingan instruktur berpengalaman.

Program lainnya yang dimiliki oleh UMKM Hebat ID adalah Kagamart Marketplace yang merupakan digital showcase bagi etalase produk merchant sebagai exposure ke pasar digital. Platform marketplace ini memudahkan pelanggan untuk melihat produk dan harga-harga barang yang ditawarkan pelaku UMKM di Kagamart. Dalam masa peningkatan, kedepannya platform ini akan dikembangkan sebagai marketplace yang sama halnya dengan beberapa e-commerce lainnya dengan tujuan memudahkan transaksi antara pembeli dan para pelaku UMKM. Pengaksesan platform ini bisa dibuka melalui website resmi UMKM Hebat ID atau www.kagamart.id.

Pada gebrakannya yang diciptakan oleh UMKM Hebat ID sendiri juga beragam tentunya sebagai platform digital. Mulai dari Kelas UMKM seperti e-learning yang sudah dijelaskan training, dan UMKM Days seperti seminar offline dengan mendatangkan narasumber atau pembicara ternama dengan ilmu bisnis yang bisa menginspirasi bagi mereka para pelaku usaha.

Dikutip dalam Liputan Berita Universitas Gadjah Mada (15/08/2023) merencanakan 30 juta UMKM Indonesia sudah harus terhubung ke ekosistem digital guna berkontribusi mendorong target.

“Disrupsi digital ini membawa banyak perubahan dalam ekosistem masyarakat, maupun lingkungan bisnis usaha. Kita harus memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Bersikap adaptif, kolaboratif, dan inovatif dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan menjadi dasar agar kita mampu berdaya saing di era ini. Tentunya saya menyambut baik obrolan UMKM Hebat ini agar UMKM Indonesia bisa semakin maju,” ucap Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG., Ph.D. dalam sambutannya di Obrolan UMKM Hebat dengan judul webinar UMKM Go Digital, Bisnis Untuk Maksimal.

Bagi kalian sobat Kaemstar yang ingin mengikuti kegiatan atau event dari UMKM Hebat ID, cukup ikuti melalui platform digitalnya di website yang selalu update tentang acara berikutnya atau Instagramnya. Event yang dilakukan secara online juga hampir menyeluruh dilaksanakan secara terbuka bagi umum dan gratis. Tidak perlu diragukan untuk pembicara dan benefit yang nantinya akan didapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *