Home » 7 Rekomendasi Kuliner Khas Jawa Timur yang ada di Malang

7 Rekomendasi Kuliner Khas Jawa Timur yang ada di Malang

YUEMKAEM – Halo sobat kaemstar yang ada di Malang, siapa nih disini suka berburu kuliner, bagi pecinta kuliner sejati mendatangi daerah dan menyantap berbagai jenis kuliner khas setiap daerah menjadi kegembiraan tersendiri. 

Jawa Timur tidak hanya terkenal dengan kesenian dan kebudayaannya yang khas. Tetapi berbagai jenis kuliner yang menggugah selera juga ada di sini. Jawa Timur memiliki kota-kota dan daerah-daerah dengan ciri khas kulinernya yang identik. Dan berikut 7 rekomendasi kuliner khas jawa timur yang ada di Malang untuk sobat kaemstar nih!

  1. Rawon 

Rawon adalah makanan berkuah dengan ciri khas kuahnya yang berwarna hitam. Memiliki cita rasa yang gurih, manis dan bahan utama yakni daging. Biasa disajikan dengan nasi panas dengan tambahan tauge dan taburan bawang goreng. 

Rawon merupakan makanan khas yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Rawon kini sudah dapat dinikmati tidak hanya di daerah Jawa Timur saja dan disetiap daerah memiliki tambahan pelengkap berbeda-beda. 

Buat kamu yang lagi nyari tempat makan rawon enak di Malang, wajib mampir ke Rawon Nguling. Rawon legendaris yang sudah terkenal dengan kelezatannya ini berada di Jl. Zainul Arifin No.62, Kiduldalem, Kec.Klojen, Kota Malang

  1. Soto Lamongan

Soto lamongan adalah soto ayam yang memiliki ciri khas kuah dengan taburan bubuk koya udang. Bahan utamanya adalah suwiran daging ayam dengan tambahan jeroan ayam, kulit ayam, soun, dan biasanya disajikan dengan nasi panas dengan tambahan telur rebus dan tauge. 

Soto lamongan mungkin sudah banyak bertebaran di Malang raya, dan salah satu soto lamongan legendaris yang sudah ada sejak tahun 1968 adalah soto lonceng. Lokasi berada di Jl. Kiai Tamin No. 85 Malang.

  1. Pecel Madiun

Pecel madiun terdiri dari sayur bayam, daun pepaya, daun singkong, dan mentimun yang semua bahan direbus. Dihidangkan dengan sambal goreng, tempe kering, serundeng kelapa, dan rempeyek teri. 

Cocok buat kamu yang sedang berada di Malang dan ingin merasakan pecel madiun bisa mampir ke pecel kremes madium. Lokasi warungnya berada di Jl. Candi panggung barat No. 61, Lowokwaru, Kota Malang. 

  1. Lontong Kupang

Makanan satu ini adalah makanan khas yang terkenal dari Sidoarjo yang dapat ditemui di berbagai daerah yang ada di Jawa Timur. Satu porsi lontong kupang terdiri dari lontong, petis, lento singkong hingga sate kerang. 

Lontong kupang biasanya disajikan dengan es degan untuk menetralisir zat yang terkandung di dalam kupang (kerang). Dan salah satu lokasi yang mungkin sobat kaemsar bisa kunjungi untuk menikmati yaitu Kupang Kraton Hj. Qomariyah di Jl. Retawu No. 6A, Oro-oro Dowo, Kec.Klojen, Kota Malang. 

  1. Bakso Malang

Yang membedakan bakso biasa dengan bakso malang adalah bakso malang memiliki komponen yang lebih bervariatif. Di bakso malang tidak hanya terdapat bakso bulat saja, biasanya terdapat tambahan pangsit goreng, siomay rebus, bakso goreng, tahu rebus, kikil, bahkan sampai dengan lontong. 

Sudah sangat banyak bertebaran dimana-mana bakso yang ada di malang tetapi terdapat beberapa bakso terkenal khas malang dan salah satunya yaitu bakso president. Lokasi berada di Jl. Batanghari  No. 05, Klojen, Kota Malang. 

  1. Putu Lanang

Selain kuliner makanan beratnya, di Malang juga terdapat aneka jajanan tradisional salah satunya putu lanang ini. Putu lanang sudah ada sejak 1935, putu adalah salah satu jajan pasar yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. 

Mungkin sobat kaemsar yang suka dengan jenis jajanan tradisional berbahan dasar tepung beras ini, bisa mampir di salah satu lokasi penjual putu lanang yang pernah jadi langganan presiden . Lokasi putu lanang berada di depan gang kecil Jl. Jaksa Agung Suprapto, Kec. Klojen, Kota Malang.

  1. Angsle

Tak hanya makanan, salah satu jenis minuman tradisional terkenal asal daerah malang ini juga menjadi rekomendasi salah satu kuliner khas Jawa Timur. Bahan-bahan untuk membuatnya pun sangat mudah dan dapat di lakukan di rumah. 

Wedang angsle dibuat dengan bahan kacang hijau, mutiara sagu, roti tawar, beras ketan, kacang tanah, santan, jahe, dan daun pandan. Tahwa angsle ronde Faiz salah satu rekomendasi angsle enak yang ada di Kota Malang. Lokasi di Jl. Merbabu, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *