Home » Jenis – Jenis UMKM yang paling Populer di Jawa Timur

Jenis – Jenis UMKM yang paling Populer di Jawa Timur

YUEMKAEM – Halo sobat Kaemstar, ngomongin tentang UMKM nih, di setiap daerah yang ada di Indonesia pengaruh UMKM sendiri sangat besar loh! Pengaruh UMKM salah satunya memberikan banyak manfaat baik dari segi perekonomian bahkan sebagai pembuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

Usaha Mikro, kecil dan menengah atau biasa disebut UMKM kini memberikan banyak manfaat bagi suatu daerah yang ada di Indonesia contohnya di Provinsi Jawa Timur. Setiap daerah pasti memiliki wisata, kuliner khas, dan bahkan cendera matanya sendiri dan tidak dapat dipungkiri bahwa UMKM juga berperan dalam hal tersebut.

Dilansir dari amarta.com, UMKM sendiri memiliki pengertian yang luas, yang mana merupakan sebuah usaha atau bisnis yang dijalankan perorangan, kelompok, rumah tangga, atau badan usaha kecil yang memenuhi standar sebagai usaha mikro. Jadi, dapat disimpulkan bahwa UMKM sebagai bisnis yang dikelola oleh masyarakat dari kalangan menengah ke bawah. 

Ada berbagai macam jenis sektor UMKM yang ada di Jawa Timur mulai dari bisnis fashion, bisnis kuliner, bisnis kecantikan, bisnis agribisnis sampai dengan usaha bisnis dalam bidang otomotif. Seiring berkembangnya zaman serta teknologi yang semakin canggih, kini semakin banyak UMKM yang bermunculan. 

Jawa Timur memiliki potensial sumber daya manusia dan alamnya yang mumpuni. Berbagai jenis peluang usaha untuk membangun bisnis terbuka lebar, mengingat terdapat beberapa kota besar yang ada di Jawa Timur. Berikut beberapa jenis usaha dalam lingkup UMKM yang paling banyak diminati yang ada di Jawa Timur.

Usaha dalam bidang Agribisnis dan Pariwisata

Bidang agribisnis cukup berkembang di Jawa Timur termasuk pertanian dan peternakan. Mengingat beberapa produk lokal berhasil diekspor sampai ke luar negeri seperti komoditas minyak sawit dan kopi. Selain itu sektor pertanian dan pariwisata menjadi sektor utama salah satu kota yang ada di Jawa Timur, Kota Batu. 

Hasil perkebunan merupakan komoditi utama bagi Kota Batu yang menghasilkan buah-buahan, sayur-mayur dan tanaman hias. Oleh sebab itu kota batu dijuluki sebagai agropolitan dan salah satu kota penghasil apel terbesar di Indonesia.

Usaha dalam bidang Kuliner

Jenis usaha yang paling banyak diminati selanjutnya yaitu usaha dalam bidang kuliner. Jenis usaha ini sangat cocok diterapkan di berbagai daerah yang ada di Indonesia tak terkecuali Jawa Timur. Jawa Timur memiliki beragam kuliner khas yang telah menjadi favorit masyarakat Indonesia. 

Malang merupakan salah satu Kota yang ada di Jawa Timur yang terkenal sebagai kota pelajar. Hal inilah yang menjadikan Malang sebagai kota yang cocok untuk membangun bisnis dalam bidang kuliner. Mengingat banyaknya jenis cafe dan coffee shop yang bertebaran di kota malang.

Usaha dalam bidang Fashion

Industri kreatif yang ada di Indonesia seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi membuat usaha dalam bidang fashion semakin banyak diminati dan beraneka ragam. Dilansir dari bappeda jatim, Gubernur perempuan pertama Jatim mengungkapkan bahwa fashion menjadi kontributor ke-3 tersebar bagi industri ekonomi kreatif Jawa Timur selai kuliner dan griya.

Salah satunya batik dan pusat fashion di Indonesia ada di Kota Malang. Selain butik atau toko pakaian ada juga jenis usaha pakaian bernama thrift shop atau pakaian bekas yang sering dikunjungi muda mudi. Dan masih sangat banyak jenis usaha dibidang fashion yang menjanjikan sebagai peluang membangun bisnis. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *