Home » 5 Manfaat Utama Digitalisasi bagi UMKM di Era Modern

5 Manfaat Utama Digitalisasi bagi UMKM di Era Modern

YUEMKAEM- Di era digitalisasi seperti saat ini, tentunya akan mempermudah seseorang untuk mengakses informasi dari sosial media. Tidak hanya itu dampak dari dunia digitalisasi juga berpengaruh di sektor UMKM, karena pelaku UMKM bisa memanfaatkan teknologi digital untuk membantu penjualan. Ada pun beberapa manfaat digitalisasi terhadap UMKM sebagai berikut:

  • UMKM Menjadi Lebih Profesional

Dengan digitalisasi UMKM tidak hanya berpotensi meraup lebih banyak pelanggan akan tetapi, sebagai pelaku usaha tentunya akan merasakan hal baru dalam sektor UMKM terlrbih jika sudah memiliki sosial media dan website sebagai media pasar. Karena pelaku usaha bisa langsung mengetahui dari pelanggan apa saja kekurangan dari produk yang mereka jual. 

  • Meminimalisir Hilangnya Target Pasar

Dalam hal ini, yang dimaksud dengan kehilangan pasar adalah kecenderungan pelanggan yang nyaman untuk membeli suatu produk secara online. Mulai dari pesan makanan secara online, hingga berbelanja kebutuhan secara online, semua proses transaksi di lakukan secara online. Jika pelaku usaha tidak menyesuaikan dengan kebiasaan tersebut, maka bersiaplah untuk kehilangan konsumen karena konsumen saat ini semakin di manjakan dengan kemudahan dari kemajuan era digitalisasi.

  • Biaya Lebih Efisien

Permasalahan utama bagi para pelaku UMKM adalah terbatasnya modal, pada umumnya pelaku usaha akan menyewa tempat atau lapak agar bisa berjualan. Dengan adanya dunia digital mereka tidak khawatir lagi karena mereka bisa berjualan dari rumah dan konsumen bisa membeli secara online, tentunya akan mengeluarkan modal yang sangat minim

  • Pemasaran Makin Luas 

Dengan adanya digitalisasi pada UMKM tentunya para pelaku usaha memanfaatkan dengan cara membuat sosial media untuk produk yang dijualanya. Dengan cara tersebut selagi masih ada internet selama 24 jam para konsumen bisa melihat produk apapun dan kapanpun yang di pasarkan di sosial media. Sehingga akan lebih efisien dari pada sekedar memasang banner atau menyebarkan brosur di pinggir jalan. 

  • Kualitas Produk Meningkat

Tentunya para pelaku usaha UMKM akan menghasilkan produk yang jauh lebih berkualitas, karena pelaku usaha akan sadar tentang produk yang di pasarkan nya akan dilihat oleh orang banyak tidak hanya dari dalam negeri akan tetapi dari luar negeri juga akan melihat. Maka dari itu pelaku usaha akan membuat produk yang dijual dengan sangat menarik dan terus memaksimalkan packaging agar barang tersebut aman sampai ke tangan konsumen. 

Dengan 5 faktor tersebut tentunya akan membantu para pelaku usaha UMKM untuk memaksimalkan penjualannya dan pemanfaatan dunia digital untuk UMKM. Pelaku usaha UMKM tentunya harus bisa mengikuti perubahan jaman yang bisa mempermudah penjualan. 

Source Berita: www.qiscus.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *