Home » UMKM WAJIB TAU! Rumah BUMN Berperan & Berkontribusi Mendukung UMKM Lokal

UMKM WAJIB TAU! Rumah BUMN Berperan & Berkontribusi Mendukung UMKM Lokal

YUEMKAEM – Di tengah perkembangan perekonomian lokal, Rumah BUMN Malang hadir menjadi ruang penyedia kolaborasi dan inspirasi bagi para pengusaha lokal yang ingin berkembang. Dengan menggunakan konsep yang kreatif dan inovatif, Rumah BUMN bukan hanya menjadi pusat informasi bagi para pengusaha lokal tentang konsep pembangunan sebuah bisnis, tetapi Rumah BUMN juga menjadi wadah para pengusaha lokal mengasah kreatifitas untuk pertumbuhan bisnisnya.

Lokasi Rumah BUMN berada di Jl. Raya Langsep No.2-4, Bareng, Kec. Klojen, Kota Malang. Rumah BUMN cabang Malang merupakan suatu program yang didirikan dan disahkan langsung pada tahun 2017 oleh Erick Thohir. Rumah BUMN ini dibawah binaan BRI (Bank Rakyat Indonesia) dan terdapat 64 Rumah BUMN di keseluruhan Indonesia yang berada di naungan BRI. Total UMKM yang telah bergabung di Rumah BUMN dari tahun 2017 hingga 2024 sebanyak 39.000 UMKM. 

Rumah BUMN memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adalah program Inkubasi Bisnis yang sudah dilaksanakan sejak 30 Mei 2023. Melalui program Inkubasi Bisnis ini, para pelaku usaha lokal mendapatkan 80% pelatihan praktek langsung dan 20% teori yang didukung oleh para ahli dan perwakilan dari BUMN untuk pengembangan bisnis mereka. Dengan akses sumber daya yang dimiliki oleh Rumah BUMN, dapat membantu para pelaku usaha lokal memiliki kesempatan lebih besar dalam mengembangkan usahanya.

Salah satu pelaku UMKM yang telah bergabung sejak tahun 2019 di Rumah BUMN dan sukses di bidang fashion dengan nama brand Nora Indonesia. Nora selaku pemilik bisnis terinspirasi mengembangkan usahanya yang berawal dari hobi traveling nya yang menyusuri daerah-daerah yang ada di Indonesia. Hal inilah yang membuat Nora termotivasi untuk membantu para penenun untuk tetap berkarya dan Nora memutuskan mulai bergabung dengan Rumah BUMN.

‘’Banyak sekali manfaat yang saya dapat kemarin kan saya ada pelatihan-pelatihan setelah ikut Rumah BUMN kan kita ada bikin WAG, dan itu kadang-kadang ada informasi pelatihan bagi siapa yang mau ikut dan itu gratis semua dan jadi memang bagus bagi yang ingin mengembangkan usahanya dengan ikut Rumah BUMN’’ ujar Nora.

Rumah BUMN juga menyediakan berbagai fasilitas untuk para pelaku usaha salah satunya adalah co-working space. Rumah BUMN juga menjadi tempat untuk berbagai kegiatan penunjang bisnis, seperti seminar bisnis dan pameran produk-produk UMKM Lokal yang menjadi pusat kegiatan dalam memperkuat relasi dan kolaborasi antar pengusaha-pengusaha lokal lain-nya.

‘’Kami memberi fasilitas, kita menyediakan semisal dari UMKM membutuhkan modal, kita bisa membantu. Dan untuk feedback nya memang dari Rumah BUMN sendiri programnya untuk UMKM, jadi gimana caranya kita untuk menyejahterakan UMKM tersebut’’ ucap Indah selaku koordinator Rumah BUMN Kota Malang. 

Rumah BUMN tidak hanya menjadi tempat untuk menunjang keberhasilan bisnis, tetapi juga menjadi pendukung kegiatan-kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat secara aktif dengan pembangunan komunitas positif yang mendukung perubahan dalam masyarakat. Melalui program-program yang di sediakan oleh Rumah BUMN, para pelaku usaha lokal atau sering disebut sebagai UMKM mampu untuk maju dan berperan pada perubahan perekonomian yang ada di Malang.

Tujuan didirikannya Rumah BUMN agar dapat menyejahterahkan para pelaku UMKM dengan memberikan edukasi untuk mengembangkan usaha meraka. Mengingat perkembangan teknologi semakin pesat dan para pelaku bisnis harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Maka dengan adanya fasilitas berupa pelatihan-pelatihan yang membantu mengedukasikan dan memberikan arahan bagaimana untuk memasarkan produk mereka secara digital melalui platform online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *