Home » Aghnia Creation: Belajar Parfum Lebih Dalam, Cocok Untuk Bisnis Pemula!

Aghnia Creation: Belajar Parfum Lebih Dalam, Cocok Untuk Bisnis Pemula!

YUEMAKAEM– Industri parfum di Indonesia terus berkembang, tidak hanya didominasi oleh merek-merek internasional besar, tetapi juga oleh pelaku UMKM lokal yang mampu memberikan nuansa unik dan personal dalam aroma yang mereka tawarkan. Salah satunya adalah AGHNIA CREATION, sebuah brand UMKM yang berada di Malang, Jawa Timur, yang telah menarik perhatian pecinta parfum maupun orang yang ingin belajar parfum dengan konsepnya yang inovatif.

Dibangun oleh Indah Nursita, Aghnia Creation dapat memberikan pengalaman berbeda kepada konsumen dengan menyediakan workshop untuk membuat parfum sendiri sesuai dengan selera. Konsep ini menarik perhatian tidak hanya dari kalangan pecinta parfum yang sudah berpengalaman, tetapi juga dari mereka yang ingin memahami lebih dalam tentang proses pembuatan parfum.

Awal mula Indah membuat workshop parfum ini karena Indah lebih mengerti tentang parfum dari bahan-bahannya, atau pembuatannya. Meskipun pada awalnya indah belajar hal selain parfum seperti sabun natural, bodycare natural (body serum, body butter), dan juga serum-serum wajah dari bahan-bahan natural, essential oil. Alasan Indah lebih memilih industri parfum ialah karena Indah melihat industri parfum sedang naik dan juga Indah ingin membuat trobosan baru yang tekniknya tidak seperti UMKM parfum biasa dengan cara workshop tersebut.

Awalnya Indah juga ingin membuat UMKM parfum siap jadi, bedanya dengan UMKM parfum siap jadi lainnya ialah terdapat sesi konsultasi parfum apa yang ingin dibikinkan. Tetapi, dikarenakan Indah dulu kuliah di pendidikan jadi Indah lebih menyukai sesi edukasi daripada konsultasi dan juga Indah merasa lebih pada tempatnya jika membuat workshop. Indah juga mengatakan bahwa sistem workshop lebih menyenangkan, challenging dan juga bisa dapat banyak pengalaman.

Dalam workshop tersebut, peserta tidak hanya diajari tentang berbagai jenis bahan baku dan teknik pencampuran yang digunakan dalam pembuatan parfum, tetapi mereka juga dibimbing untuk menemukan kombinasi aroma yang paling cocok dengan selera dan keinginan mereka sendiri. Mulai dari aroma bunga yang segar hingga aroma buah, peserta diberi kebebasan untuk mengeksplorasi berbagai aroma dan menciptakan parfum yang sesuai dengan selera mereka.

Terdapat berbagai kelas dengan edukasi yang berbeda, dan juga pastinya dengan harga yang berbeda pula. Seperti kelas basic, personality, parfumery class for business, dan juga sen desain.

Kelas basic ini belajar tentang dasarnya parfum secara simpel dan ga terlalu rumit, dan juga memakai bahan-bahan yang mudah di campur jadi risiko untuk gagalnya rendah. Personality class ini untuk membangun personal brandingnya orang-orang yang memang butuh disitu, seperti MC, orang yang butuh ketemu client, ataupun orang yang sering meeting di luar. Parfumery class for business untuk membantu orang yang ingin membangun brand parfum untuk bisa membuat brandnya sendiri, materinya tentang dasarnya parfum, mengenal marketnya sendiri, membuat aroma sesuai marketnya, belajar bikin beberapa formulasi, sampai belajar sepintas tentang marketingnya. Sen desain ada materi tentang basic parfum ditambah dengan beberapa metode pembuatan aroma dengan tujuan yang lebih spesifik.

Aghnia sendiri biasanya di malang, tapi tak jarang pula keluar kota malang ataupun jawa timur tergantung pada peminat pesertanya dan juga rencana dari Aghnia sendiri. “Memang Aghnia sendiri ada rencana untuk keluar-keluar kota, kadang juga ditawarin sama EO EO, kita juga sempet nyari EO yang diluar kota juga gitu. Tapi, kita juga liat kebetulan pesertanya emang ada apa engga dimennya disana gitu. Karena kayak kemarin terakhir juga yang kejakarta itu private dia, itu permintaan dari custumer disana” Ujar Indah selaku pemilik dari UMKM Aghnia Creation.

Aghnia sendiri masih ingin berfokus pada edukasi atau workshopnya, dengan terus mengembangkan edukasinya seperti bisa ada online classnya, ada event offlinenya yang tidak terbatas seperti yang telah dibuat pada setiap minggu. Indah juga berharap, Aghnia bisa berkembang hingga dapat membuat bootcamp. Indah menambahkan bahwa, Aghnia lebih siap untuk membantu para pengusaha baru maupun lama untuk membuat brand parfum. Aghnia akan membantu lewat belajar pembuatan parfumnya, dan juga produksinya. Karena Aghnia Creation sekarang juga menerima maklon atau parfum skala besar dengan diurus bpom dan legalitas lainnya yang dibutuhkan.

“Awalnya dulu tuh sebenernya kita tujuannya ya untuk biar orang itu ngerasain experience nya untuk bikin parfum begitu. Jadi oh ternyata kalo kita main aroma seru banget dapat experience yang baru, ya kayak kalo orang misalkan ikut kelas cooking dan lain-lain gitu ya, mereka dapat ilmu yang baru terus dapat pengalaman yang beda gitu. Tapi kalo udah yang ditahap saat ini aghnia itu tujuannya adalah tadi, untuk membantu orang-orang yang mau bikin brand parfum” Ujar Indah

Orang-orang yang mengikuti workshop Aghnia bermacam macam bukan hanya dari kalangan orang dewasa, mahasiswa dan pelajarpun bisa mengikutinya. Biasanya orang orang yang ikut workshop Aghnia adalah orang yang ingin belajar parfum maupun ingin memulai usaha parfum.

Reaksi dari peserta workshop pun sangat positif. Banyak dari mereka menganggap pengalaman ini sebagai peluang untuk belajar sesuatu yang baru sambil bersenang-senang. Cici, salah satu peserta workshop, mengatakan “Aku suka pakai parfum sih memang, tapi sekarang aku bisa lebih memahami lebih baik tentang bagaimana parfum dibuat dan bagaimana aku bisa menciptakan parfum yang bener-bener cocok buat aku sendiri dan parfum apasih yang bagus dipakai untuk seorang muslimah. Ini pengalaman yang menyenangkan, seru dan bisa dijadiin refreshing kalo lagi stress”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *