Home » Pentol, Jajanan Favorite Yang Selalu Bikin Nagih

Pentol, Jajanan Favorite Yang Selalu Bikin Nagih

YUEMKAEM– Hola Kaemstar – pasti sudah tidak asing dengan salah satu jajanan yang legendaris ini. Yaitu pentol, karna pentol merupakan jajanan yang di sukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Orang Indonesia sangat menyukai pentol karna jajanan tersebut sangat mudah ditemukan di pinggir jalan dan harganya juga sangat ramah di kantong. 

Pentol merupakan makanan yang berasal dari pulau Jawa. Pentol terbuat dari campuran tepung, daging ayam, daging ikan. Daging tersebut di giling untuk dihaluskan lalu di campurkan dengan tepung dan di tambahkan beberapa bumbu penyedap rasa seperti garam, bawang putih, merica ,dan lain-lain. Setelah itu adonan di gumpalkan lalu di masukkan kedalam air yang mendidih hingga matang. 

Pentol saat ini sangat banyak inovasi mulai dari pentol kuah hingga pentol bakar. Kuah yang ada di dalam pentol juga beraneka ragam jenis mulai dari kuah kaldu, kuah bening, kuah pedas, dan masih banyak lagi ragam jenis kuah yang ada. Pentol bakar juga memiliki beragam jenis, mulai dari hanya di lumuri kecap dan mentega, dan ada juga yang menggunakan bumbu kacang di atasnya. 

Yang sangat banyak dan mudah di temui di pinggir jalan adalah pentol kuah. Karna mayoritas orang Indonesia suka dengan pentol kuah karna pentol kuah tidak hanya beragam kuah nya namun mereka bisa meracik sendiri pentol tersebut agar rasanya semakin enak. Meracik pentol sesuai dengan selera masing-masing setiap orang, ada yang suka manis dan akan menambahkan kecap yang banyak di dalamnya, ada yang suka pedas akan menambahkan banyak saos pedas di dalamnya. Bahkan ada yang bisa menambahkan bawang goreng dan daun bawang di atasnya agar rasa dari pentol tersebut lebih gurih.

Tidak kalah dari pentol kuah, pentol bakar juga banyak di minati masyarakat. Karena rasanya yang sangat gurih dan memiliki cita rasa yang sangat khas. Pentol bakar biasanya di bakar menggunakan tusuk sate, lalu di santap langsung menggunakan tusukan tersebut seperti memakan sate. Pentol bakar tidak terlalu banyak inovasi seperti pentol kuah akan tetapi inovasi yang ada di pentol bakar tersebut yang membuat pentol bakar memiliki ciri khas tersendiri. 

Di Sidoarjo lebih tepat nya di daerah Pagerwojo terdapat pentol yang terkenal yaitu pentol Cak Yong yang sudah jualan bertahun-tahun di daerah tersebut. Cak Yong biasanya berjualan dari sore hingga magrib, Cak Yong menjual pentolnya dengan beragam harga: Rp 2000 untuk pentol besar, Rp 1000 untuk pentol kasar dan halus, Rp 500 pentol kecil, dan juga ada tahu dengan harga Rp 500. Cak Yong bisa menjual ratusan hingga ribuan pentol perhari nya, dan mayoritas pembeli mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang membeli pentol Cak Yong. 

“Pentol Cak Yong murah dan enak, sehingga saya dengan teman-teman saya sangat suka membeli pentol disini” ujar Tasya sebagai salah satu pembeli pentol Cak Yong. Cak Yong berjualan menggunakan gerobak yang di berada di atas motornya, yang memudahkan Cak Yong untuk berpindah tempat jualan, terkadang beliau juga berkeliling untuk berjualan karna tidak hanya di satu tempat yang sama untuk berjualan, karena belum tentu tempat yang biasa Cak Yong berjual ramai pembeli. Maka dari itu terkadang Cak Yong berkeliling untuk menjual barang dagangan nya agar barang dagangan nya cepat habis dan tidak terlalu lama untuk berjualan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *