Home » Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Lokal Di Masa Modern Melalui QRIS

Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Lokal Di Masa Modern Melalui QRIS

YUEMKAEM– Kehadiran QRIS mendatangkan banyak manfaat, salah satu manfaat utamanya yaitu proses transaksi menjadi lebih cepat dan mudah. Ini dikarenakan pelanggan tidak perlu lagi repot membawa uang tunai serta menghitungnya sebelum transaksi. Begitu juga sebaliknya, pedagang tidak perlu menyediakan uang tunai sebagai kembalian dari transaksi pembeli.

Sobat Kaemstar berikut 3 manfaat QRIS bagi para Pedagang UMKM :

1.     Proses Transaksi Lebih Cepat & Mudah

Kehadiran QRIS mendatangkan banyak manfaat, salah satu manfaat utamanya yaitu proses transaksi menjadi lebih cepat dan mudah. Ini dikarenakan pelanggan tidak perlu lagi repot membawa uang tunai serta menghitungnya sebelum transaksi. Begitupun sebaliknya, pedagang tidak perlu menyediakan uang tunai sebagai kembalian dari transaksi pembeli.

2.     Mencegah Peredaran Uang Palsu

Manfaat lain dari QRIS yaitu mengurangi risiko peredaran uang palsu. QRIS meruapakan metode cashless yang artinya tidak membutuhkan uang fisik dalam proses transaksi. Dengan demikian, kemungkinan mendapatkan yang palsu bagi pedagang menjadi semakin kecil.

3.     Metode Pembayaran yang Variatif

Hanya dengan menggunakan satu QRIS saja, kamu bisa menerima dari berbagai jenis pembayaran, termasuk 80+ mobile banking serta uang digital. Dengan QRIS, pelangganmu akan merasa lebih nyaman saat melakukan pembayaran. Hanya dengan scan QRIS, pelanggan dapat melakukan pembayaran dari banyak bank maupun uang digital.

QRIS Meningkatkan Efisiensi dan Pertumbuhan Bisnis Ayam Geprek di Era Digital

Wati sebagai owner pedagang ayam geprek mengatakan jika adanya QRIS sangat membantu dalam proses pembayaran di ayam geprek miliknya, sebelum adanya QRIS dagangan wati dulunya antri sangat panjang karena harus menunggu pembeli mengeluarkan uang cash dengan nominal uang pas, namun dengan adanya QRIS pembeli disini dapat bisa melakukan pembayaran secara langsung melalui aplikasi digital yang digunakan. dengan ini bisa mengurangi waktu antrian, dan bisa lebih banyak melayani pembeli dalam waktu bersamaan. Dengan adanya QRIS jumlah pembeli ayam geprek milik wati meningkat, “ ya, dengan adanya QRIS dagangan ayam geprek saya meningkat, kebanyakan yang datang kesini anak-anak muda” ujar wati.

QRIS sangat membantu pengelolaan dan catatan transaksi harian bisnis ayam geprek milik wati, setiap transaksi yang dilakukan melalui QRIS akan secara otomatis tercatat dalam sistem pembayaran digital sehingga wati tidak perlu melakukan pencatatan manual, hal ini mengurangi resiko kesalahan pencatatan dan memudahkan untuk melihat pendapatan harian, dengan akses mudah ke data transaksi wati dapat lebih muda mengelola keuangan. Wati juga merasakan adanya peningkatan keamanan sejak mulai menggunakan QRIS, sebelumnya wati khawatir tentang transaksi menggunakan uang tunai karena akan terjadi pencurian atau penerimaan uang palsu, namun dengan adanya QRIS tingkat keamanan sudah terjamin aman.” Saya merasa tenang dan yakin aja, setiap transaksi kecatat dengan benar dan aman” ujar wati. Dengan adanya QRIS ini wati berencana untuk memanfaatkan data transaksi dari QRIS untuk meningkatkan strategi penjualan, dengan cara menganalisis data transaksi Wati dapat mengidentifikasi pola pembelian pelanggan,preferensi produk, dan penyesuaian harga.

Dengan adanya QRIS dan persaingan pasar semakin digital banyak pedagang merasa terbantu dengan adanya QRIS ini, Wati mengatakan “ saya yakin bahwa dengan adanya QRIS dapat membantu bisnis ayam geprek saya dan dapat bersaing di pasar yang semakin digital ini.“ ujar wati. Wati melihat QRIS menjadi faktor kunci dalam pertumbuhan dan perkembangan di bisnis UMKM ayam geprek miliknya, dengan terus memanfaatkan teknologi pembayaran digital ini wati berharap dapat terus meningkatkan efisiensi oprasional, mengoptimalkan strategi penjualan, dan  meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan ini dapat membantu wati untuk tetap relevan dan bersaing di pasar yang terus berubah dan semakin digital ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *