Home » Mencicipi Hidangan Yang Authentic Dari Sumatera Selatan Di Tengah Pulau Jawa

Mencicipi Hidangan Yang Authentic Dari Sumatera Selatan Di Tengah Pulau Jawa

YUEMKAEM– Pempek merupakan makanan khas Palembang yang berasal dari Sumatera Selatan. Hidangan ini memiliki cita rasa ikan yang basanya menggunakan ikan tenggiri dan disajikan menggunakan kuah berwarna hitam ataupun coklat khas Palembang bernama Cuko. Pempek sudah ada sejak jaman kerajaan, dengan beberapa variasi bentuknya seperti Pempek Kapal Selam, Lenjer, Adaan, Kulit, Lenggang dan sebagainya.

 Pada awalnya, Pempek dibuat oleh orang asli Palembang dan dititipkan untuk dijual kepada orang Tionghoa untuk dijual. Pempek mulai dijual oleh orang Tionghoa semenjak tahun 1916 dengan cara dijual keliling jalan kaki dari kampung ke kampung. Biasanya pada jaman itu pempek dijual di daerah Keraton yang saat ini menjadi daerah Masjid Agung dan Masjid Lama Palembang. Asal-usul penamaan pempek juga keren loh sobat kaemstar! Dulu pada masanya, para pembeli memanggil penjual kelesan (sebutan untuk penjual pempek dari warga kecamatan Belinyu) dengan sebutan “Pek, Empek” yang pada akhirnya penyebutan tersebut  dikenal sebagai pempek dan bertahan hingga saat ini.

Ikutin mimin buat kulineran di tempat Cek Eka yuk sobat kaemstar! di pulau Jawa yang notabene nya asing dengan makanan khas sumatera. Namun ada salah satu warga Sumatera Selatan yang merantau dan memulai membuka usaha dibidang makanan dengan tujuan ingin memperkenakan makanan khas Sumatera Selatan kepada masyarakat di pulau Jawa “Memperkenalkan makanan khas Sumatera Selatan khususnya Palembang agar masyarakat di pulau Jawa tidak perlu bingung saat ingin makan Pempek karena udah ada yang jual di kota mereka.” Ujar Eka sebagai owner dari Pempek Cek Eka.

Pempek Cek Eka ini berada di Jl. Mt Haryono, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang Jawa Timur. Buka dari jam 17:00 hingga jam 22:00 wib. Meski terletak di gang kecil, Pempek Cek Eka sangat terkenal dan tidak asing di telinga warga Malang berkat kepopulerannya di media sosial melalui platform TikTok. Nah, sejak saat itulah Pempek Cek Eka mulai terkenal dan diminati para pembeli. Sama seperti penjual makanan khas Palembang lainnya, Cek Eka juga menyediakan berbagai menu variasi Pempek Kecil seperti Telur, Adaan, Kulit, Lenjer, dan Panggang yang dibandrol dengan harga jual mulai dari Rp. 2.000-3.000 saja loh, murah bukan. Sementara untuk menu lainnya terdapat menu paketan per porsi untuk memudahkan pembeli dengan harga per porsi kisaran Rp. 20.000.

Selain Pempek, Cek Eka juga menyediakan varian menu lain seperti Tekwan, dengan varian Tekwan biasa dan model (bakso ikan terbuat dari tahu). Tekwan dibandrol dengan harga kisaran Rp. 9.000. Hidangan Ini cocok untuk dimakan ditengah dinginnya kota Malang dan terbuat dari campuran ikan tenggiri yang dibentuk seperti bakso kecil kecil dengan ukuran tidak rata yang disajikan dengan kuah udang hingga memiliki rasa yang pas. Biasanya juga Tekwan dilengkapi dengan soun, irisan jamur kuping dan bengkoang serta dilengkapi dengan taburan seledri, bawang goreng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *