Home » Keunggulan Teknologi Modern Di Londi Laundry Menggunakan Internet of Things

Keunggulan Teknologi Modern Di Londi Laundry Menggunakan Internet of Things

YUEMKAEM- Di era digital seperti sekarang dan gaya hidup yang mengikuti kemajuan teknologi membuat manusia berlomba-lomba menciptakan beragam inovasi untuk mempermudah segala aktivitas masyarakat. Salah satunya pada usaha jasa Laundry self service yang semakin merambat.

Nama Londi Laundry mungkin tidak asing di telinga konsumen jasa laundry self service, terkhususnya daerah Malang. Londi Laundry merupakan salah satu UMKM yang menyediakan jasa Laundry self service menggunakan scan.

Terdapat empat cabang dan tiga di antaranya berada di Malang, yaitu di Tirto, Sigura-gura dan Cengkeh.

Laundry self service berarti kita mengerjakan segalanya sendiri. Mencuci di mesin cuci, memasukkan ke mesin pengering hingga menyetrika dan lain sebagainya. Pihak Laundry hanya menyediakan mesin cuci, sabun, pelembut dan fasilitas lainnya.

yuemkaem.com

Kelebihan apa sih yang dimiliki Londi Laundry yang membuatnya berbeda dengan Laundry self service lainnya.

Sudah menggunakan teknologi loT

Londi sendiri dalam proses pengoprasiannya sudah menggunakan teknologi loT (Internet of Things). Konsumen hanya perlu melakukan scan barcode Qris saat membayar agar mesin cuci dapat beroperasi secara otomatis.

Bela salah satu customer Londi mengatakan ‘’first impression ku waktu di londi laundry tuh sempet bingung karena sistem pembayarannya kan ga di kasir ya, jadi di scan di mesin cuci nya dulu, sebagai warga non cash ini sih oke banget wkwk’’ tuturnya.

Customer masih bisa menggunakan cash yang nantinya akan diarahkan dan dibantu scan oleh pihak kasir atau memakai link googling untuk pembayaran.

Pihak Londi sebenarnya sangat menghindari pembayaran cash agar menghindari dan meminimalisir terjadinya kecurangan yang mana karyawan Londi rata-rata adalah mahasiswa.

Saat kita sebagai konsumen scan barcode yang ada di depan mesin tersebut kita langsung melakukan pembayaran, mesin tersebut langsung bekerja otomatis.

harga yang ditawarkan juga terjangkau, mencuci pakaian maksimal 7 kilogram mulai dari harga Rp 10.000,00 dan untuk mesin pengering Rp 17.500,00 – 22.500,00. Adanya perbedaan harga pengering pakaian karena tergantung berapa lama waktu pengeringan pakaian tersebut. 

Fasilitas yang memadai dan mempertahankan kualitas

Fasilitas yang terdapat di Londi pun cukup lengkap dan memadai, mulai dari AC, WIFI, meja lipat, meja buat nugas, dan menjual minuman. Sebab Londi sendiri menekankan USP pada fasilitas yang disediakannya, ada harga dan kualitas.

Yang mana pada kompetitor hanya menggunakan kipas angin dan ruang yang terbuka sehingga memungkinkan customer untuk merokok yang dapat menyebabkan bau asap rokok akan menempel di baju. 

‘’Londi sudah ada meja kerja coworking space di salah satu cabangnya yang ada di Semarang. Untuk di Malang soon nya itu yang di Cengkeh dan sekarang dalam tahap renovasi’’ tutur Hani selaku Business Development Manager Londi.

Mbak Hani juga menambahkan main product dari Londi yaitu jasa dan juga menyediakan produk yang menunjang jasa laundry seperti; tas laundry, minuman, dan Merchandise laundry.

‘’Menurut saya yang membedakan Londi Laundry dengan Laundry yang lain mungkin di sistem pembayaran yah sama fasilitas’’ ucap Bela customer Londi.

Pihak londi melarang customer untuk membawa deterjen sendiri sebab untuk harga laundry sudah termasuk deterjen & softergentnya sudah sesuai takaran dengan memakai chemical pump yang bisa auto refill serta otomatis menyedot sabun saat di scan agar menghindari kerusakan pada mesin jika di utak-atik. Tetapi jika ada customer yang ingin menambahkan deterjen dan lain-lain ada tambahan biasa per-cup Rp.1.500.

Bebas biaya parkir

Pihak Londi tidak sembarang dalam memilih lokasi usahanya, ruko yang strategis seperti di depan jalan yang memudahkan para konsumen agar memiliki tempat parkir yang luas. Dan juga pihak Londi akan mengurus perizinan agar bebas biaya parkir.

Sebab di Malang sekarang setiap tempat selalu dipenuhi tukang parkir. Hal ini akan memberi kenyamanan para customer Londi terkhusus mahasiswa.

Londi termasuk bussiness opportunity

Bussiness Opportunity artinya jika seseorang punya modal dan ingin membuka usaha laundry tetapi tidak ingin memakai brand londi maka pihak londi akan buka pakai brand mereka sendiri.

CEO Londi sama dengan CEO Smart link

Londi adalah produk dari Smartlink dan Smartlink adalah Apps nya. Londi adalah develop untuk mesin dan alat untuk Scan Qris nya namanya snapbridge dan pemilik snapbridge adalah pihak londi. Jadi UMKM Laundry yang memakai Scan Qris yang ada di seluruh Indonesia pasti dari pihak Londi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *