Home » Hobi Menanam Tanaman Hias Bisa Menjadi Cuan Juga Loh!

Hobi Menanam Tanaman Hias Bisa Menjadi Cuan Juga Loh!

YUEMKAEM– Bisnis tanaman hias biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki hobi untuk merawat tanaman. Mengingat tanaman hias merupakan salah satu hobi yang cukup banyak diminati dari berbagai kalangan masyarakat, tentu saja bisnis tanaman hias salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Dari hobi menjadi bisnis UMKM tanaman hias

Supri sebagai owner UMKM tanaman hias menjual tanamannya berlokasi di kab.sidoarjo, kec.tulangan, dia memulai bisnis tanaman hias karena berawal dari hobi dan kecintaan terhadap tanaman hias.

Sebelum tanaman hias dijual ke pembeli Supri memilih terlebih dahulu tanaman hias yang cocok untuk dijual, dengan cara melihat kondisi tanaman dan juga jenis tanaman hias apa yang sedang trend dan banyak diminati oleh masyarakat luas.

Menurut Supri yang menjadi tantangan terbesar dalam mengelola UMKM tanaman hias adalah” persaingan harga dan persaingan jenis tanaman hias yang semakin banyak ragamnya”ujar supri.

Untuk strategi pemasaran produknya, dia mempunyai cara tersendiri untuk menjangkau pelanggan baru dengan melalui media online seperti e-commerce, YouTube, Instagram dan TikTok, dan tidak ketinggalan juga supri bermitra dengan pengecer lokal atau toko online untuk meningkatkan penjualannya.

”Ya karena dengan memiliki kemitraan dengan pengecer lokal atau toko online dapat memperluas jangkauan penjualan” ujar supri.

Untuk menjaga kualitas tanaman hias selama pengiriman supri menerapkan standarisasi penyimpanan dan pengiriman tanaman hias ke konsumen salah satunya yaitu dengan cara mengeringkan tanaman tersebut sebelum dilakukan pengiriman ke konsumen, agar tanaman tersebut tidak mati atau layu saat pengiriman. Dan harganya juga tergolong cukup murah mulai dari bugenvil harga 30.000, adenium 20.000, anggrek 45.000, dan aglaonema 25.000.

Supri sendiri memiliki visi untuk mengembangkan UMKM tanaman hiasnya. Visi kedepannya yaitu, ingin mengembangkan serta memperluas jangkauan dan juga bekerja sama dengan para petani tanaman hias untuk bisa bersama-sama mengembangkan usaha tanaman hias.

Untuk teknik penanaman tanaman hias harus menyesuaikan spesifik tanaman hias masing-masing, dengan cara disesuaikan dengan iklim serta kondisi lingkungan alam yang ada di daerah tersebut dan juga menyesuaikan media tanam apa yang sesuai dengan tanaman hias tersebut.

Dan yang menjadi kunci kesuksesan UMKM tanaman hias milik supri adalah ”kesabaran serta ketelatenan dalam memasarkan produk tanaman hias yang sedang booming pada saat ini supaya masyarakat luas bisa tetap update tanaman hias apa yang sedang digemari saat ini” ujar supri.

Menemukan pilihan terbaik dan pengalaman belanja tanaman hias yang sangat memuaskan

yuemkaem.com

 “Tentu ada beberapa alasan saya untuk sering membeli tanaman hias disini dibandingkan di tempat lain, salah satunya adalah kualitas tanaman yang ditawarkan disini selalu terjaga dengan baik. Saya juga senang karena banyak berbagai macam tanaman disini sehingga saya memiliki banyak pilihan untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah saya, selain itu layanan pelanggan yang sangat ramah dan membantu dari pemilik toko membuat pengalaman berbelanja menjadi menyenangkan dan membuat saya merasa di hargai sebagai pelanggan” ujar wati sebagai pelanggan tanaman hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *